Senin, 18 Oktober 2010

Software GPS buat Handphone ( HP )

Peralatan navigasi yang biasa kita kenal adalah kompas dan peta biasa. Namun seringkali kita sering kesulitan menentukan posisi kita di dalam peta. Nah, kebetulan handphone saya Samsung i550w yang memiliki fitur GPS dapat dijadikan sebagai alat navigasi dengan menggunakan peta digital. Walaupun di handphone ini telah ada aplikasi GPS bawaan yang bernama NAVFone… Namun setelah digunakan ternyata… aduh, tampilannya amat sangatlah tidak menarik dipandang… :D Dan kelemahan yang saya lihat lagi adalah peta yang disediakan hanya mencakup kota-kota besar di pulau Jawa Bali dan apabila kita sudah berada di luar kota misalnya di Cirebon maka aplikasi ini tidak dapat digunakan lagi… Dan saya pun mencari-cari di sana-sini…
Saya mendapatkan 2 aplikasi GPS dengan peta Indonesia yang agak lumayan yaitu Sygic Drive dan Garmin Mobile XT. Kemudian dicoba-coba untuk digunakan dalam bernavigasi dengan mobil dari Jakarta menuju ke Bandung ternyata oke dan lengkap juga euy… malahan teman-teman saya yang lihat aplikasi ini bilang terlalu canggih dan merengek untuk diinstallin di handphone mereka…
Fakta penggunaan GPS
Saya akan membahas terlebih dahulu tentang Sygic Drive. Aplikasi GPS ini memiliki tampilan peta 3 dimensi yang cukup bagus dan lengkap sampai jalan-jalan kecil di Jakarta. Melalui situs resminya, nama produk ini terkadang disebut Traffic-GPS atau McGuider. Pada saat ini saya menggunakan versi 7.6 dan kebetulan adalah ini merupakan versi terbaru yang sudah saya install (sebenarnya sih hanya pulau Jawa dan Bali aja). Versi terakhir yaitu 7.7 atau diberi nama McGuider 2009, saya belum mendapatkan peta Indonesianya!
Dengan aplikasi Sygic Drive ini, saya mampu merencanakan perjalanan dari rumah menuju ke sebuah lokasi yang ingin kita tuju. Karena pada aplikasi ini telah tersimpan database posisi jalan dan bangunan publik (umumnya disebut Point of Interest, disingkat POI) cukup lengkap pada peta ini.
Sygic Drive
Tampilan Menu Sygic Drive
Kita tinggal mencarinya pada tampilan menu awal. Setelah itu aplikasi ini akan membuat rute berdasarkan asumsi yang dibuat, misalnya rute terpendek, rute tercepat atau rute yang ekonomis. Apabila rutenya telah jadi kita tinggal mengikuti saja petunjuk dan bimbingan navigasi dari suara yang keluar dari aplikasi ini. Mirip deh fungsi ama navigator pada balapan rally… jadi handphonenya bisa ngomong kayak begini “300 meter lagi belok kanan” atau “jalan terus sampai 1,1 km” dan hal tersebut sangat akurat ketika saya gunakan di jalan-jalan ibukota.
Screenshots Navigasi Sygic Drive
Tampilan Sygic Drive Saat Bernavigasi
Kemudian aplikasi GPS yang kedua adalah Garmin Mobile XT. Aplikasi ini sama miripnya dengan aplikasi pertama dan telah didukung oleh distribusi lokal di Indonesia. Asal tahu saja merek Garmin merupakan merek sejuta umat bagi pengguna GPS di Indonesia :D karena tidak saja didukung oleh distributor resmi melainkan adanya komunitas pengguna GPS yang telah bersusah payah menyediakan peta Indonesia (bukan hanya pulau Jawa dan Bali tetapi seluruh Indonesia termasuk peta di pulau Ambon…asyik bisa dipakai di sana :) ) secara gratis untuk perangkat GPS Garmin. Komunitas ini sendiri dipimpin oleh bapak Buyung Akram dan dibantu oleh team Mapdeveloper yang tersebar di seluruh Indonesia. Situs yang dapat dikunjungi: www.navigasi.net
Screenshots Menu Garmin
Tampilan Menu Garmin Mobile XT
Kelebihan Garmin Mobile XT dibandingkan Sygic Drive mungkin terletak pada menu pencarian POI yang lebih rapi dan nyaman dipandang. Menu-menunya cukup mudah dipelajari dan tampilan peta 3D sangat halus dibandingkan Sygic Drive. Ketika digunakan selama bernavigasi di jalan raya, tampilan gerakan animasi Garmin Mobile XT ini ternyata agak kaku dibandingkan Sygic Drive. Saya yakin apabila sering menggunakan aplikasi ini selama perjalanan, kita bisa memperoleh banyak manfaat dari aplikasi GPS ini.
Garmin Mobile XT
Tampilan Garmin Mobile XT Ketika Bernavigasi
Kesimpulannya, setelah menggunakan aplikasi GPS ini di handphone ternyata saya banyak mendapatkan manfaat antara lain dapat memandu saya ke tempat yang belum saya hafal jalannya (ga perlu repot tanya sana-sini dan bawa peta), menemukan rute-rute ekonomis yang dapat mengurangi konsumsi BBM pada kendaraan pribadi dan menemukan daerah-daerah baru yang asyik untuk dikunjungi. Semoga bermanfaat artikelnya dan memberi inspirasi. *halah* ;)

Specification Sygic Drive Garmin Mobile XT
Supported Devices Symbian S60 3rd Edition Symbian S60 2nd Edition
Windows Mobile Symbian S60 3rd Edition

Symbian UIQ3.0

Windows Mobile

Palm OS
Size 43 Mb + Peta 30 Mb 42 Mb + Peta 100 Mb

Tips Bernavigasi
Tambahan:
Selain aplikasi berbayar seperti Sygic Drive dan Garmin Mobile XT yang sudah dibahas di atas… Ternyata masih banyak aplikasi GPS dengan peta digital yang dapat anda coba gunakan pada handphone anda… Menurut saya tidak ada aplikasi yang betul-betul bagus dan lengkap pada saat ini (hoho… karena saya ga disponsorin ama produsen GPS!! :lol:) melainkan sesuaikanlah dengan kebutuhan navigasi anda untuk menentukan yang sesuai. Kalau misalnya hafal jalan kan ga perlu bergaya pakai GPS. :mrgreen:
Google Maps Latitude
Google Maps with Latitude
Oiya, ini ada aplikasi peta satelit yang lumayan terkenal dari Google Earth menyediakan versi mobilenya di handphone, namanya Google Maps.  Jadi cukup menggunakan handphone saja, anda bisa memata-matai keadaan permukaan bumi dengan resolusi foto satelit yang cukup jelas. Dalam hal ini aplikasi Google Maps membutuhkan koneksi GPRS (internet) untuk mendownload petanya (jadi tidak gratis juga sih… nanti kena biaya GPRS :evil:). Terus kelebihan yang lain adalah aplikasi ini dapat mendeteksi posisi anda saat ini di peta dengan menggunakan 2 metode yaitu sinyal BTS terdekat (prosesnya lebih cepat namun tidak presisi) ataupun dengan sinyal satelit GPS (prosesnya lama tapi akurat). Kemudian ada juga fitur Latitude di dalam menunya yang memungkin anda berbagi posisi dengan teman anda apabila sama-sama menggunakan Google Maps di handphone. Wow keren juga ya?!
Ovi Maps
Maps on Ovi
Aplikasi GPS yang gratis lainnya adalah Nokia Maps atau Ovi Maps (sama aja…). Software ini sudah pre-include di handphone-handphone buatan Nokia terbaru (tentunya kalau diteliti… jadi ga perlu repot lagi kan buat install aplikasi GPS?). Nah gimana kalau anda memiliki handphone yang bukan buatan Nokia seperti punya saya Samsung i550w atau punyanya pak Dewo LG KT610… pasti pengen juga mencicipinya kan? Nah coba download aja aplikasi Ovi Maps di website penyedia aplikasi symbian ini. Menurut saya aplikasi ini sama aja dengan Sygic Drive dan Garmin Mobile XT. Jadi ini masalah selera saja… pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan anda. Oleh karena itu, pada saat ini kita betul-betul dimudahkan dengan teknologi GPS ini sehingga sudah basi kali kalau ada orang tersesat di jalan padahal di handphonenya ada fitur GPS. :P
Apabila anda ingin menanyakan hal-hal yang lebih spesifik tentang aplikasi GPS di handphone dapat menghubungi saya lewat form email kontactr di bawah ini. Saya akan berusaha memberi respons secepatnya. Terima kasih.


Sumber://http://siapaindra.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar